Tuesday, April 21, 2009

Setang Kemudi

Komunitas trail menyumbangkan item setang ke ranah modifikasi Tanah Air. Kemudi yang biasanya digenggam dan nemplok di Special Engine (SE) itu, sekarang malah menjadi favorit. Baik untuk motor sport hingga skubek.

“Itu karena ukuran lebih lebar, jadi gagah dilihat,” kata Robin, juragan X Bike Modification yang sering modifikasi menggunakan setang jenis ini. Selain itu juga, lebih rigid karena memang dipakai untuk motocross.

Banyak juga yang menyebut setang ini dengan nama Fatbar. Apanya yang gemuk ya? Padahal Fatbar itu nama merek lho (baca boks). Batang kemudi ini sendiri sebenarnya memiliki dua model. “Model tinggi dan pendek,” kembali kata Robin.

Sebelum dipilih dan kemudian dibeli, setang ada baiknya disesuaikan dengan postur. Walau beda merek, ukuran setang biasanya sama. “Panjang 80 cm dan diameter ujung 2,2 cm,” lanjut Robin yang pengantin baru ini.

Taunya juga, lingkar besinya nggak sama dari ujung sampai tengah. Ukuran diameter tengah adalah 2,8 cm. Desain seperti ini juga menjadi salah satu alasan sering batang kemudi model ini ngetop disebut Fatbar. “Gendut di tengah,” lanjut warga Mangga Besar, Jakarta Barat ini.

Karena ukuran yang jauh melebihi setang standar, maka untuk pemasangan butuh clamp kit atau raiser. Tentunya juga dalam ukuran besar.

“Enggak harus merek luar atau sama dengan setang yang dibeli. Sekarang banyak juga raiser merek lokal,” kata pedege yang baru buka toko di Jl. Kebun Jeruk III Ujung, Kota, Jakarta Barat.

Selain ukuran umumnya, setang baplang ini juga hadir dalam berbagai warna menarik. “Jadi, memang gaya di model dan color,” bangga pria yang bisa dikontak di (021) 999-96635 ini.

Eit, hampir lupa! Selain dari SE, sekarang mulai banyak juga yang pakai setang dari ATV. “Kalau itu memang lebih tinggi. Lebih lebar, juga lebih bersudut sehingga tinggi,” tambah pria yang banyak menjual merek Star Performance ini.

FATBAR ATAU HOTBAR

Banyak yang menyebut setang seperti ini dengan nama Fatbar. Padahal sebenarnya nama tipe dari merek Renthal. Karena Renthal begitu populer, makanya banyak orang ikut menyebutnya sesuai brand itu.

Produsen lain juga mengeluarkan model seperti ini dan memberi nama berbeda. Misal Star Performance yang menyebut batang kemudi seperti itu dengan sebutan Hotbar.

Karena Fatbar sudah begitu kondang, wajar jika harga jualnya relatif mahal. Bisa sampai di atas Rp 1 juta. Sementara Hotbar, hanya Rp 500 ribu.

Beberapa produsen lokal juga mulai coba bikin desain sendiri. Mereka memberi nama dengan tetap merujuk ke Renthal, setang Fatbar.

Sumber: motorplus-online.com

No comments:

Post a Comment

Oils & Fluids

Shoutbox


ShoutMix chat widget