Thursday, December 25, 2008

New Honda Tiger 2000 Revo, Mudah dan Aplikatif

Pasti semua sudah pada ngeh kalau New Honda Tiger Revo sudah resmi dihadirkan PT Astra Honda Motor (AHM). Ada sejumlah perubahan meski nggak berkait langsung pada performa mesin. Jadi, nggak ada salahnya dibedah kembali. Buat yang baru beli, tentunya berguna untuk bekal pemahaman. Juga gambaran untuk yang mau aplikasi di Tiger lama.

LAMPU DEPAN
Secara utuh, bentuk lampu mewakili virus masa kini, memang beda sama Tiger lama. Berpola asimetris, lampu jauh dan lampu dekat pisah dalam bingkai terpisah. “Selain gaya, kelebihan lampu flash alias lampu dim bisa lebih jelas karena beda lampu. Bukan satu lampu untuk dua fungsi,” terang Sarwono Edi, Technical Service Training Manager Technical Service Division, PT AHM.

Meski dua lampu, penyetelan tetap sama. Cukup gerakan satu baut di bawah lampu, dua lampu itu otomatis akan berubah naik atau turun sesuai setelan diinginkan. “Lampu low yang digunakan 35 watt dan lampu high 36,5 watt. Semuanya 12 volt,” terang pria berkacamata ini.

Kalau mau diaplikasi untuk Tiger lama, sudah tentu harus beli seperangkat lampu sampai spidometer. “Dudukan sama, cuma stay head light-nya atau pegangan untuk lampu berubah. Jadi harus dipasang sekaligus,” tambah Endro Sutarno, Instruktur Technical Service PT AHM yang ikut mendampingi Sarwono Edi.

LAMPU BELAKANG

Meski punya ukuran rumah sama, desain lampu belakang beda. Dilengkapi juga dengan 6 lampu LED. Otomatis ada yang berbeda dalam rangkaiannya dibanding Tiger lama. “Ada tambahan dioda untuk LED. Posisinya ada di bawah jok,” terang pria asli Jowo ini.
Dioda berada di kabel arus yang berwarna hijau strip kuning, sebelum menuju ke lampu LED. “Otomatis, kalau mau aplikasi lampu ini, juga harus menyertai pemasangan dioda,” tambah Endro.

PENGAMAN FOOTSTEP DAN RANTAI

Pengaman ini, sebena
rnya juga sudah ada di Tiger Revo lama. Jadi, nggak ada salahnya juga diulas. Pengaman footstep berguna agar kaki boncenger aman dari sengatan knalpot. Saat sedikit kepleset enggak langsung nyuuus ke knalpot. Honda menyebut pengaman ini dengan dynamic muffler heat protector.

Ada juga pelindung lainnya. Yakni, mengamnakan rantai saat terlepas. Enggak sampai ngunci di as yang bisa menyebabkan ciloko. Ini sudah ada sejak kemunculan generasi Tiger sejak 1993. Namanya sprocket chain stopper.



Penulis/foto :Chuenk/Herry Axl, GT...Sumber MotorPlus

No comments:

Post a Comment

Oils & Fluids

Shoutbox


ShoutMix chat widget