Wednesday, December 24, 2008

Masalah di Gir Depan

Jika sudah lama dipakai, Honda Tiger kerap bermasalah pada gir roda depan. Awalnya dari spi pengikat aus akibat sering kena entakan. Kemudian akan mengikis permukaan alur spi dan as gir (gbr. 1).

Cara mudah mengatasinya spi dipantek, namun dari cara itu, yang termakan malah as gir. Kalau sudah begitu solusi mudahnya mengelas poros sproket dengan gir biar kuat terikat.

Maslah lain muncul. Ka
lau dilas, efek yang diakibatkan adalah melumernya sil as bagian dalam mesin. Membuat oli ngeces akibat sil lumer itu. Setelah semua cara ditempuh, dipastikan mengganti as gir yang baru.

Ada cara jitu yang dibikin oleh Martin Amrullah yang Badan Pendiri Penasehat dari klub JHTC (Jakarta Honda Tiger Club). “Tinggal bikin as gir baru ke Kumis alias Agus Sunyoto, tukang bubut di Kembangan, Jakarta Barat,” ujar pria biasa disapa Aam.

Jurus yang dilancarkan Kumis adalah mengganti spi dengan mur. Makanya ujung as dibuat drat untuk mur ukuran 24 mm. Sehingga menguncinya tidak menggunakan spi lagi (gbr. 2). Tidak hanya itu, kalau ingin menggunakan ban ukuran 130 mm hingga 160 mm bisa disetel kelurusannya dengan menambah spacer atau ring tebal untuk membuat rantai lurus.
Penulis/Foto : Indra GT...Sumber Motorplus

No comments:

Post a Comment

Oils & Fluids

Shoutbox


ShoutMix chat widget